MAKALAH USHUL FIKIH - ISTIHAN, AL MASLAHAH AL MURSALAH







PEMBAHASAN



I. Pengertian  Istihsan

   a)  Menurut  bahasa
        Istihsan   artinya menganggap  baik  sesuatu,  memperhitungkan  sesuatu dengan  baik,  mengikuti         sesuatu  yang  lebih  baik.

    b)  Menurut  istilah  ulama'  ushul  fiqih
        Istihsan  adalah  beralihnya  pemikiran seorang mujtahid dari tuntutan kias yang nyata kepada kias         yang  samar atau  dari  hukum umum kepada perkecualian  karena ada  kesalahan  pemikiran yang         kemudian   memenagkan  perpindahan   itu  atau   meninggalkan  hukum   yang   jelas   ditetapkan         pada  suatu  peristiwa  atau  kejadian itu  juga  karena  ada  dalil syara' yang  mengharuskan  untuk         meninggalkannya.

   c)  Menurut  Imam  AlBazdawi  ( seorang  ahli  ushul  madzab  hanafi  )
        Istihsan   yaitu  bepaling   dari   kehendak  kias  kepada  kias   yang  lebih  kuat atau pengkhususan         kias  berdasarkan  dalil  yang  lebih  kuat .



   d)  Menurut  Al  Karakhi
        Istihsan  yaitu berpindah dari   sebuah   hukum yang sudah  diberikan  kepada yang sebandingnya ,         kepada hukum yang berlawanan dengan dia lantaran ada sesuatu sebab yang dipandang lebih kuat.

   e)  Menurut AS Sarakhsi ( 483 H / 1090 M )

   الأ ستحسان هو ترك القياس والعمل بما هوأقوى منه لدليل يقتضى ذلك وفقا لمصلحة النّاس
     
      ' Istihsan   yaitu   meninggalkan  qiyas  dan   mengamalkan  yang lebih kuat dari itu karena adanya           dalil  yang  menghendakinya ,  serta l ebih  sesuai dengan  kemaslahatan  umat  manusia ' .
       
        Imam  Abu  Hanifah  menyatakan :
    الأ ستحسان تسعة أعشارالعلم
         " Istihsan  itu  sembilan  persepuluh  ilmu".
      
        Imam  Malik  sebagaimana  dikutib Imam  Assyathibi  menulis  tentang  istihsan  yaitu  :

  الأخذ بمصلحة جزئيّة فى مقابلة دليل كلّىّ
      "  Memberlakukan  kemaslahatan  juz'i  ketika b erhadapan  dengan  kaidah  umum".

II. Macam – macam  Istihsan
   
     a)  Menurut  Syara'  ada 2  macam  yakni  :
          1.  Mengunggulkan  qiyas  yang  tersembunyi  atas  qiyas  yang  nyata  dengan  suatu  dalil .
          2.  Mengecualikan  sebagian  hukum  umum  dengan  suatu  dalil.

    *  Contoh  Istihsan  bentuk  pertama :
         1. Fuqoha'  Hanafiyah  menyebutkan  bahwa :
             Seorang  pewakaf apabila mewakafkan  sebidang tanahnya ,  maka masuk pula secara  otomatis              hak  pengairan ,  hak  air  minum ,  hak  lewat  ke dalam  wakaf  tanpa  harus  menyebutkannya              bedasarkan  istihsan . Dan  sedangkan  berdasarkan qiyas adalah semua hak –hak yang tersebut              diatas   (kecuali tanah )  tidak  termasuk  kecuali terdapat nash yang menyebutkan sebagaimana              jual beli.
             Adapun   istihsannya  adalah  bahwa  yang  menjadi  tujuan  waqaf  adalah  pemanfaatan  tanah              kepada  mereka. Sehingga  walaupun  tidak  tertuang  secara  jelas  apa  yang ada  di  dalamnya              dan  di  manfaatkan untuk apa termasuk waqaf.      

         2. Fuqoha'  Hanafiyah :
             Jika  penjual  dan  pembeli  bersengketa  mengenai  jumlah  harga sebelum serah terima barang              yang  dijual,  kemudian  penjual mengaku  bahwa  harganya  adalah  seratus dinar, dan pembeli              mengakuinya   bahwa   harganya   sembilan  puluh  dinar ,  maka  mereka   berdua   bersumpah              berdasarkan  istihsan.  Kalau  di  kaji  secara  qiyas  maka  si  penjual  tidak  bersumpah, karena              penjual menuntut tambahan yaitu 10 dinar dan sadangkan pembeli mengingkarinya.

    *  Contoh  lagi :
         -  Fuqoha' Hanafiyah   menetapkan   bahwa  sisa  makanan  atau  minuman  burung  buas  seperti             burung  garuda ,  burung  gagak ,  burung elang ,  burung  rajawali   dan   sejenisnya  hukumnya             adalah suci  menurut  istihsan , akan  tetapi  menurut  qiyas  hukumnya  najis.
 
    *  Alasan  Qiyas :
            ( makanan  /  atau minuman )  itu   adalah  sisa   dari   binatang  yang  haram  dagingnya  seperti             halnya  binatang   buas   ( berkaki 4 )  seperti  macan tutul,  harimau, dan  serigala, maka hukum             makanan /  minuman  sisa binatang itu mengikuti  hukum  dagingnya.         
    *  AlasanIstihsan :
          Burung   yang   buas   meskipun   dagingnya   haram  tetapi  air liur  yang  keluar  dari dagingnya           tidak  bercampur  dengan sisa   tersebut  dikarenakan   burung  itu minum dengan   menggunakan           paruhnya  ,  sedangkan  paruh itu   termasuk tulang yang suci . Dan untuk binatang buas ( berkaki           empat )   itu  minumnya   dengan   menggunakan   lidahnya  yang   bercampur   dengan   air liur ,           sehingga  sisa   makanan  / minuman  tersebut  menjadi  najis .
          Dalam  contoh  diatas  terjadi  kontradiksi  dua  qiyas  dalam  satu  kejadian  yakni  :
          - Pertama  :  Nyata  yang  langsung  dapat  di  paham
          - Kedua     :  Samar  yang  sulit di  paham
          Namun  Mujtahid  memiliki  dalil  yang  menjadikan  dia  memenangkan  qiyas  yang  sama,  lalu           berpindah  dari  qiyas  yang  nyata  ke qiyas  yang  samar . Inilah  disebut  Istihsan .

    *  Contoh Istihsan bentuk kedua :
        - Syari'  melarang  jual  beli  atau  akad  pada  barang  yang  tidak ada di tempat akad, tetapi secara           istihsan  di  perbolehkan  pesan  memesan  ,  secara   menyewa  ,  muzaro'ah  (  bagi  hasil  tanah           dengan  jumlah   tertentu   antara   pemilik   tanah   dan   penggarap  )   dan   meminta pekerjaan . Semua  itu  adalah  akad  ,  tetapi  barang  yang   di  akadi tidak ada pada waktu akad. Dan alasan istihsan   adalah  kebutuhan  dan   saling  kenal  di  antara  manusia .
     
         Fuqoha'  menetapkan :
         Seorang   pelindung   harus  menanggung  atas  kematian  yang  di percayakan  kepadanya  secara          tidak   tahu  ,  karena  ketidaktahuan   adalah bentuk   kecerobohan  .  Akan  tetapi  di   kecualikan          secara  istihsan  kematian  seorang  bapak  , kakek , atau  orang  yang berwasiat. Secara  misterius          alasannya  seoarang bapak , kakek atau  orang yang  berwasiat  itu memiliki  kewajiban  memberi          nafkah  anak  kecil  dan membelanjakan  kebutuhannya .
         Maka  barangkali  apa  yang  tidak  diketahui  itu  telah  di penuhi  menurut  caranya .
       
         Fuqoha'  menetapkan bahwa  :
         Seorang pelindung  tidak  wajib  menanggung  kecuali sebab  ceroboh dan melewati  batas  dalam          menjaga . Istihsan  mengecualikan   orang  yang  menyewa  dengan   bersekutu  ,   maka  ia  wajib          menanggung , kecuali  jika kerusakan  barang yang di  sewa itu  sebab  kekuatan  yang  luar biasa.
         
         Para Ulama' juga  menetapkan  bahwa  :
         Orang  yang  terhalang  membelanjakan  sesuatu  karena  idiot  tidak  sah  awal  kebaikannya .               Istihsan  mengecualikan  pewaqafan   atas    dirinya   semasa   hidupnya   dengan   alasan    bahwa          mewaqafkan   harta  untuk  dirinya  adalah menyelamatkan  tanahnya  dari  kesia – siaan . Hal  ini          telah  di  sepakati  dan  itulah tujuan  menghalangi  penbelanjaan  orang  yang  idiot .

  *   Ulama' Hanafiyah  membagi  Istihsan  dengan  6  macam  :
        
         الأستحسان بالنّصّ                  1. 
             الأستحسان بالأجماع           2.       
                الأستحسان بالقياس الخفيّ   3.       
         الأستحسان بالمصل                  4.
         الأستحسان بالعرف             5.       
         الأستحسان بالضرورة          6.     

  ( istihsan berdasarkan ayat atau  hadist )                 الأستحسان بالنّص          1. Pengertian 
                    Yakni  ada  ayat  atau  hadist  tentang  hukum  suatu  kasus   yang  berbeda  dengan   ketentuan                  kaidah  umum .
         Contoh  dalam  masalah  wasiat  :
         Menurut  ketentuan  umum  atau  qiyas wasiat itu tidak boleh , karena sifat pemindahan hak milik          kepada  orang  yang  berwasiat  dilakukan  ketika orang yang berwasiat tidak              lagi, setelah          ia  wafat .  Akan  tetapi  kaidah  ini  dikecualikan  melalui  firman  Alloh   SWT. yang   bermakna          "  ……setelah  dipenuhi  wasiat  yang  di buatnya   atau  dan  setelah  dibayar  hutangnya  "     (QS.   Annisa' 4 : 11 ).          
         Berdasarkan ayat tersebut kaidah umum itu tidak berlaku untuk masalah wasiat .
 
            الأستحسان بالأجماع          2. Pengertian 
                         Yaitu  meninggalkan  qiyas  pada  suatu  masalah  karena  telah  terjadi  ijma'  yang  menyalahi              qiyas   itu  atau  istihsan  yang  di  dasarkan  ijma' .
         Contoh  dalam kasus pemandian umum :
         Menurut  kaidah  umum  jasa   pemandian  umum  itu  harus  jelas  yaitu  berapa  lama  seseorang          mandi   dan   berapa  jumlah  air  yang  ia p akai .  Akan  tetapi  apabila  hal  ini  dilakukan   maka          akan menyulitkan orang banyak .  Oleh  sebab itu  ulama'  sepakat  bahwa  boleh mempergunakan          jasa  pemandian  sekalipun  tanpa  menentukan  jumlah  air  dan  lama  waktu  yang  dipakai .
 
              الأستحسان بالقياس الحفيّ          3. Pengertian 
             Yaitu  suatu  istihsan  jika  ada  pada  suatu  masalah  dua  sifat  yang  menghendaki dua hukum               yang  berlawanan , yang  pertama  jelas  yang  lain  samar  yang  menghendaki  kita hubungkan              dengan  pokok lain , maka  mengambil yang samar  itu  disebabkan oleh sebab yang lebih kuat.
             Contohnya  sudah ada diatas yang sudah di jelaskan .
 
                 الأستحسان بالمصلحة          4. Pengertian 
                           Yaitu suatu istihsan yang berdasarkan kemaslahatan .
         Contoh :   Ketentuan   umum  menetapkan  bahwa  buruh  suatu  pabrik  tidak  bertanggung jawab          atas  kerusakan  hasil  komoditi  yang  di produksinya  , kecuali  ada  kelalaian  atau  kesengajaan          mereka   sebagai   buruh .  Akan  tetapi   demi   kemaslahatan   dalam   memelihara   harta    orang          lain  dari  sikap  tidak  bertanggung   jawab   para   buruh   dan  sulitnya   mempercayai   sebagian          pekerja   pabrik .  maka  ulama'  Hanafiyah   menggunakan  istihsan  dengan   menyatakan   buruh          harus bertanggung jawab atas setiap  kerusakan setiap produk pabrik baik sengaja atau tidak .
         Ulama'  Maliki  mencontohkan   dengan   memperbolehkan   dokter  melihat  aurat  wanita  dalam          berobat.

                         الأستحسان بالعرف          5. Pengertian 
             Yaitu  istihsan  berdasarkan  adat  kebiasaan  yang  berlaku  umum. Contohnya  seperti istihsan               bil ijma'.

                                 الأستحسان بالضرورة          6. Pengertian 
             Istihsan  yang  berdasarkan  keadaan . Dhorurot  disini  diartikan  bahwa ada  keadaan dhorurot              yang  menyebabkan  seorang  mujtahid  tidak  memberlakukan  kaidah  umum  atau  qiyas .
         Contoh  : Kasus  sumur  yang  kemasukan  najis.
         Menurut  kaidah  umum  sumur  itu  sulit  di  bersihkan  dengan mengeluarkan air sumur tersebut          karena  sumur  yang  sumbernya  dari  mata  air  sulit  untuk  di keringkan .
         Ulama'  Hanafiyah  mengatakan  bahwa  dalam  keadaan  seperti  ini  untuk  menghilangkan  najis          cukup  dengan   memasukkan  beberapa   gallon  ai  ke dalam   sumur  di karenakan  ini  keadaaan          dhorurot   dan  agar  orang   tidak   kesulitan   mendapatkan  air untuk  beribadah   dan  kebutuhan          lainnya .

III.  Kekuatan Istihsan sebagai Hujjah
                 
              Pada  hakikatnya  ISTIHSAN   bukanlah  sumber  hukum  yang  berdiri sendiri , karena hukum         dari  bentuk  Istihsan   pertama   adalah  qiyas  yang   tersembunyi  yang  di  unggulkan  dari  pada qiyas yang   nyata .
        Sebab  hal – hal  tertentu  yang  oleh  mujtahid  di anggap lebih unggul , sedangkan Istihsan kedua         adalah  kemaslahatan  yang  menuntut  adanya  perkecualian  bagian  tertentu  dari hukum umum .
        Ulama' bebeda pendapat dalam menetapkan ISTIHSAN sebagai satu metode ISTINBAT hukum .
        Ulama'  Hanafiyah  ,  Malikiyah  dan  sebagian  ulama'  Hambaliyah  menyatakan  bahwa  istihsan         merupakan dalil yang kuat dengan alasan  :
        1. Berdasarkan firman Alloh SWT. yang bermakna : 
               " Alloh SWT menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu " .             (QS. Al baqoroh 21 : 185 )
        2. Berdasarkan hadist
       ما رأه المسلمون حسنا فهو عندالله حسن
          " Sesuatu yang di pandang  baik oleh umat islam , maka ia juga dihadapan Alloh adalah baik " .                ( HR. Ahmad bin Hambal )        
        3. Berdasarkan  hasil  penelitian  dari  berbagai  ayat  dan  hadist  terdapat  berbagai  permasalahan             yang  terperinci  menunjukkan  bahwa   memberlakukan  hukum  sesuai  dengan  kaidah  umum             dan  qiyas ,  adakalanya  membawa kesulitan bagi manusia . Sedangkan  syari'at islam ditujukan             untuk menghasilkan dan mencapai kemaslahatan manusia .
       Jadi mayoritas ulama'  Hanafiyah  beralasan : Pengambilan dalil dengan istihsan adalah mengambil        dalil  dengan  qiyas  yang  samar  yang  mengalahkan  qiyas  yang  nyata  atau memenangkan qiyas        atas  qiyas  yang  lain yang menentangnya , karena kepentingan umum dengan cara mengecualikan        sebagian dari hukum . 
       Seluruh  Ulama' Madzab  menerima Istihsan yang berdasarkan 'Urf dan maslahah  untuk di jadikan        sebagai hujjah dalam menetapkan hokum syara' .   
       Sedangkan  Ulama'  Syatiiyah ,  Syiah dan  Mu'tazilah tidak menerima  Istihsan sebagai  penetapan        hukum syara' dengan alasan :
       1. Hukum  syara' – syara' itu  di tetapkan  bedasarkan  nash dan  pemahaman terhadap nash melalui            kaidah  qiyas ,  sedangkan  istihsan  bukan  nash  dan  bukan  qiyas .
       2. Sejumlah  ayat telah  menuntun umat  islam  untuk taat dan patuh kepada Alloh SWT. dan rosul-            Nya  dengan  melarang  secara  tegas  mengikuti  hawa nafsu .
       3. Istihsan  adalah  upaya  penetapan  hokum  dengan  akal  dan hawa  nafsu .
       4. Rosululloh  SAW.  tidak  pernah  mengeluarkan  fatwanya  berdasarkan  istihsan .    
       5. Rosululloh  SAW telah membantah fatwa sebagian sohabat yang berada di daerah ketika mereka            menetapkan  hukum  berdasarkan  istihsan  mereka .
       6. Istihsan tidak mempunyai kriteria dan tolak ukur yang jelas dan dapat di pertanggung jawabkan .
       Imam Syafi'I lebih tegas mengatakan  :
      من استحسن فقد شرع   
                                      " Barang siapa menetapkan hokum dengan istihsan berarti ia membuat syari'at sendiri ".
         Imam  As Syathibi dalam kitab Al Maubiqot menjelaskan   :  orang yang  melakukan  istihsan tidak          menggantungkan  pada  daya  rasa  dan  keinginannya ,  namun  harus  menggantungkan  pada  apa        yang di ketahuinya tentang tujuan syara' secara global dalam hikmah sesuatu yang di tampakkan .
         
        Menurut  Prof.  Dr.  ABD.  Wahab  Khollaf   kedua  kelompok  yang   berbeda   pendapat   tentang             Istihsan  tidak  sepakat  dalam  membatasi  definisinya .  Seandainya  mereka  sepakat atas batasan         definisinya  mereka   tidak  akan  berbeda  pendapat  dalam  kehujjahan  istihsan  ,  karena istihsan         kenyataannya  adalah  berpindah  dari  dalil – dalil  yang jelas atau dari hukum yang umum karena         ada  dalil  yang  menuntut  untuk  itu  dan  tidak  melalui  membuat  syariat  sendiri .



 *  Dalil ke 16

AL  MASLAHAH  AL  MURSALAH

I. Pengertian  :

   - Menurut  bahasa  Al maslahah  Al Mursalah  artinya  Mutlak  ( umum ).
   - Menurut  Istilah  ushul Al maslahah  Al Mursalah  adalah  kemaslahatan  yang  oleh  syar'i  tidak  di       buatkan  hokum  untuk  mewujudkannya  ,  tidak  ada  dalil  syara' yang menunjukkan dianggap atau      tidak nya kemaslahatan itu .
     Ia  disebut  mutlak  ( umum )  karena  dibatasi  oleh  bukti  dianggap / disia – siakan . Artinya bahwa       penetapan  suatu  hukum  itu  tiada  lain  kecuali  untuk  menerapkan  kemaslahatan  umat  manusia ,      yakni  menarik  suatu  manfaat  ,  menolak  bahaya  atau  menghilangkan  kesulitan  umat  manusia .
     Kemaslahatan  itu maju  seiring dangan  kemajuan peradaban dan berkembang sesuai perkembangan          lingkungan .     
      Penetapan  suatu  hukum  kadang – kadang  menarik  suatu  manfaat pada satu waktu tetapi menjadi           suatu bahaya pada waktu lain .
      Pada  masa  satu  tertentu  hukum itu dapat menarik suatu manfa'at pada lingkungan yang satu, akan        tetapi  mendatangkan  bahaya  pada  lingkungan  lainnya .
      Sedangkan  kemaslahatan  yang  dijadikan  acuan syar'i dalam menetapkan hukum dan menjadi illat        dalam penetapannya .  Menurut  istilah ahli  ushul disebut kemaslahatan yang di anggap oleh syar'i. 
      Contoh  : 
      - Demi  menjaga kehidupan manusia maka syara' menetapkan kewajiban  qishos sebab pembunuhan         yang di sengaja .    
      - Demi menjaga harta manusia maka syara'menetapkan "hukuman "  bagi laki –laki dan perempuan.
      - Demi  menjaga  harga  diri  manusia   maka  syara'  menetapkan  :  kewaiban dera bagi orang yang         menuduh   zina  baik laki – laki  maupun  perempuan .
      Semua  masalah  tadi  ( pembunuhan  di sengaja , pencurian , tuduhan  berbuat zina dan zina adalah       sifat  sesuai ) .  Yakni  menetapkan   hukum  berdasarkan  hal   hal  tersebut   adalah  menerapkan       kemaslahatan . Dan  hal – hal  itu  di anggap  oleh  syara' ,  karena  syar'i  menggunakannya sebagai       alasan hukum .
II.  Alasan Ulama' yang menjadikannya sebagai hujjah .
      
              Jumhur  Ulama'  berpendapat  bahwa  :  Al Maslahah  Al Mursalah   adalah  hujjah syara' yang       dipakai  landasan  penetapan  hukum . Kejadian yang tidak ada hukumnya dalam nash , ijma' , qiyas       atau  istihsan ,  maka  di tetapkan  hukum  yang  dituntut oleh kemaslahatan umum . Dan penetapan       hukum  berdasarkan  kemaslahatan  umum  ini  tidak  tergantung  pada  adanya  saksi syara' dengan       anggapannya .
      Alasan  mereka  dalam  hal  ini  ada  2  yaitu :
      1)  Kemaslahatan umat  manusia  itu  selalu  baru dan tidak ada habisnya , maka  seandainya hukum            tidak  di tetapkan  sesuai  dengan kemaslahatan manusia yang baru sesuai dengan perkembangan            mereka .
           Dan  penetapan  hukum itu hanya berdasarkan anggapan syar'I saja , maka banyak kemaslahatan            manusia  di  berbagai  zaman  dan  tempat  menjadi  tidak ada .
           Jadi  pembentukan  hukum  seperti  itu tidak  memperhatikan  perkembangan  dan  kemaslahatan            manusia  .  Hal  ini    idak  sesuai   karena  tujuan   penetapan  hukum   antara  lain   menerapkan            kemaslahatan umat manusia .
      2)  Orang  yang  mau  meneliti  penetapan  hukum  yang dilakukan para sohabat , tabiin dan imam –            imam mujtahid .
             Akan  jelas bahwa banyak sekali hukum  yang  mereka tetapkan demi menerapkan kemaslahatan                 umum ,  bukan  karena  ada  saksi  di  anggap  oleh  syar'i .
      Contoh :  Khalifah  Abu bakar  mengumpulkan  berkas – berkas  yang  tercecer menjadi satu tulisan                        Al qur-an  dan  memerangi  orang – orang  yang  tidak  mau membayar  zakat ,  kemudian                       mengangkat  shohabat  Umar  sebagai  gantinya .  Khalifah   Umar  menetapkan  jatuhnya                       talaq  3  dengan  sekali  ucapan .  Khalifah  Ustman  menyatukan k aum muslimin dengan                       mushaf  Al qur-an ,  menyebarkannya  lalu  membakar  selain  yang  di tetapkan  itu .                             Khalifah  Ali   membakar  kaum  syiah   Rafidhoh .  Semua   bentuk   kemaslahatan  yang                       menjadi  tujuan  di bentuknya  undang- undang hukum diatas adalah kemaslahatan umum                       karena  tidak  ada dalil  yang  menolaknya .
III. Syarat menjadikannya sebagai  hujjah ada  3  yaitu :

      a) Berupa kemaslahatan yang haqiqi ,bukan kemaslahatan yang semu .
          Artinya   penetapan  hukum syara'   dalam  kenyataannya  benar   benar  menarik  manfaat  atau           menolak  bahaya .
      b) Berupa  kemaslahatan  umum ,  bukan  kemaslahatan  pribadi .
          Artinya  penetapan  huku m syara'  dalam  kenyataannya  dapat  menarik m anfaat bagi mayoritas           umat  manusia atau  menolak  bahaya  dari  mereka .
      c) Penetapan  hukum  untuk  kemaslahatan  ini  tidak boleh  bertentangan dengan hokum  atau dasar          yang  di tetapkan  dengan  nash  atau  ijma' .
      Maka  tidak  sah  menganggap  suatu   kemaslahatan  yang  menuntut  persamaan  hak  waris  antara           anak  laki – laki  dan  anak  perempuan  ,  karena  kemaslahatan  semacam  ini bertentangan dengan       nash Al qur-an .
      Contoh kemaslahatan yang sia – sia  :
      Seperti fatwa Yahya bin Yahya Al Laitsi ( Ulama' fiqih Spanyol ) dan murid Imam Malik  :          
      " Dulu ada seorang raja dari Spanyol berbuka dengan sengaja di siang hari bulan Romadlon" .
      Dan  Imam Yahya berfatw a bahwa " Tidak ada tebusan karena merusak puasanya kecuali dia harus           berpuasa  dua  bulan  berturut – turut  " . Imam Yahya  mendasarkan fatwanya bahwa kemaslahatan       menuntut hal ini karena tuuan kewajiban membayar tebusan adalah membuat jera dan menahannya.       Sehingga ia tidak kembali kepada dosa yang seperti itu . Dan kalau ia wajib memerdekakan budak ,       maka hal itu sangat ringan baginya dan tidak membuatnya jera .
      Fatwa  tadi di  dasarkan  pada  kemaslahatan ,  tetapi  bertentangan  dengan  nash  karena nash yang        jelas  dalam  denda  orang  yang  membatalkan  puasa  dengan  sengaja  di bulan  Romadlon  adalah       memerdekakan budak ,  bila tidak menemukan  maka haus berpuasa dua bulan berturut – turut , bila       tidak  mampu  maka harus  memberi makan kepada 60 orang miskin .
      Kemaslahatan  dua  bulan  berturut – turut  tadi  oleh  mufti  di khususkan kepada raja , maka bukan        disebut kemaslahatan umum akan tetapi kemaslahatan sia – sia .
      Kemaslahatan atau sifat sesuai ada 3 Yakni  :
      1. Sifat sesuai yang berpengaruh atau sesuai yang sepadan
      2. Sifat sesuai yang percuma
      3. Sifat sesuai mutlaq ( Al Maslahah Al Mursalah )
      
      1) Sifat  sesuai  yang  berpengaruh atau sesuai yang sepadan yaitu bila ada saksi yang menunjukkan            anggapan  dengan macam – macam .  Anggapan disebut sifat  sesuai yang di anggap  oleh syar'i .
      2) Sifat  sesuai yang percuma yaitu bila ada saksi yang menunjukkan batalnya anggapan itu .
      3) Sifat  sesuai  mutlaq  ( Al  Maslahah  Al  Mursalah  )  yaitu  jika  tidak  ada  saksi  syara'  yang              menunjukkan dianggap atau tidak dianggapnya sifat itu .

IV.  Alasan Ulama' yang tidak berhujah dengan Al Maslahah Al Mursalah .

               Sebagian  Ulama'  berpendapat  bahwa  kemaslahatan  umum  tidak  menjadi  dasar  penerapan        hukum dengan 2 alasan yaitu :
       1) Syari'at  itu  sudah  mencakup  seluruh  kemaslahatan  manusia ,  baik  dengan  nash   nashnya              maupun dengan apa yang di tunjukkan oleh qiyas ,Karena syar' tidak akan membiarkan manusia            dalam  kesia – siaan  dan  tidak  membiarkan  kemaslahatan  yang  manapun  tanpa  memberikan            petunuk pembentuk hokum untuk kemaslahatan tersebut .
         2) penetapan  hukum  berdasarkan  kemaslahatan  umum  adalah membuka kesempatan hawa nafsu              manusia  seperti  para  pemimpin  ,  penguasa  ,  ulama'  pemberi fatwa  .  Sebagian  dari  mereka            kadang   kadang   di  kalahkan  oleh  keinginan   nafsunya  ,  sehingga  mereka   menghayalkan            kerusakan  sebagai  kemaslahatan .  Maka penetapan hukum syari'at karena kemaslahatan umum            berarti  membuka  pintu  kejelekan .
           Menurut  Prof.  Dr.  ABD.  Wahab  Khollaf  bahwa mengunggulkan  penetapan hokum syara' itu            berdasarkan  kemaslahatan umum ,  karena jika kesempatan itu tidak di buka maka syari'at islam            akan baku dan tidak mampu mengikuti perkembangan zaman dan lingkungan .






           Obyeknya adalah kejadian atau peristiwa yang perlu di tetapkan hukumnya , tetapi tidak ada satu           pun  nash  yang  dapat  di jadikan  dasarnya .  Prinsip  yang  di sepakati  oleh  kebanyakan  pengikut       madzhab yang ada dalam fiqih.
  mejelasakan  bahwa   Mashlahah  المصلحة المرسل      Menurut  Al Qorafi  At Thusi  dalam  kitabnya 
      Mursalah itu seabagai dasar untuk menetapkan hukum d alam bidang mu'ammalah dan semacamnya .        Sedangkan  dalam  soal  ibadah  adalah Alloh SWT. yang menetapkan hukumnya ,  karena manusia       tidak sanggup mengetahui dengan lengkap hikmah ibadah itu .  
                    
           

No comments:

Post a Comment